Minggu, 17 April 2011

Cara Kerja Sim Card Pada HP

Cara Kerja SIM CARD

Tentu kalian memiliki benda mungil yang satu ini. Karena tanpa benda ini anda tidak dapat mengoperasikan secara optimal handphone anda. Ya, benda ini di namakan SIM (Subscriber Identity Module). SIM adalah kartu informasi kecil yang berisi informasi berlangganan dan informasi pribadi lainnya. Informasi ini seperti nomor telepon, informasi penagihan identitas, dan sebagian kecil data pengguna tertentu.

BAGAIMANA CARA KERJANYA?


Subscriber Identity Module ini sifatnya sementara, artinya dapat dipindahkan pada sejumlah telepon seluler. SIM menyimpan informasi seperti nomor telepon, pesan teks , dan data lain. Dapat dianalogikan seperti hardisk kecil yang dapat mengaktifkan telepon secara otomatis saat ditancapkan pada sebuah perangkat.

TEKNOLOGI KARTU PINTAR




Terdapat 3 sumber listrik untuk mengoperasikan sim card ini, yaitu   5 v , 3 v, 1.8 v. (ISO/IEC 7816-3 klas A, B, dan C.
Kartu sim pertama di buat pada tahun 1998, dengan kartu Munich smart Giesecke & Devrient menjual 300 kartu pertama ke operator jaringan nirkabel Finlandia Radiolinja.

UKURAN KARTU



Ukuran pertama kali sim card adalah (85,60 mm x 53,98 mm x 0.76 mm). karena perkembangan zaman, kartu ini semakin dibuat kecil, tetapi hanya lebar dan panjangnya saja yang berubah. Menjadi 25 mm x 15 mm.

BAGAIMANA SISTEM OPERASINYA?

Sistem operasinya ada 2 jenis yaitu, Kartu asli dan kartu java. Karu asli didasarkan pada bawaan produk, perangkat lunak vendor tertentu sedangkan kartu java merupakan subset dari bahasa pemograman yang ditunjukan untuk embedded device. Kartu java memungkinkan SIM berisi pemrograman dan hardware yang bisa diinstal terus.


DIAGRAM BLOK SUBSCRIBER IDENTITY MODULE (SIM)





Diagram ini menunjukan bahwa kartu sim memiliki 8 kontak listrrik. Kartu ini memiliki mikroprosesor yang digunakan untuk mengambil dan menyimpan data. Memori tambahan dimasukan untuk memberikan fitur seperti pesan singkat yang disimpan pada kartu sim.

Nah, itulah beberapa ulasan sedikit tentang bagaimana cara kerja dari SIM CARD. semoga postingan kali ini dapat memberikan manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar